Mau Buka Bengkel Las Listrik - Ini Yang Dibutuhkan

Sambungan dari catatan sebelumnya berjudul Memulai Usaha Bengkel Las Listrik ,

apa sajakah alat-alat yang dibutuhkan, kali ini kami akan ulas dengan lengkap beberapa peralatan wajib ada dalam bengkel las listrik.

Sebelumnya ini hanya untuk usaha kelas menengah, karena marketnya masih kelas standar.

Berikut ini berbagai peralatan penting dalam perbengkelan las listrik  


Usaha Las Listrik

Mesin Las Listrik

Jelas ini menjadi hal wajib ada, kalau gak ada ini alat jelas gak bisa ngelas donk.

Kecuali kalau memang bukan menggunakan mesin las jenis listrik, atau mesin las jenis tabung gas, namun karena pembahasan kali ini adalah tentang las listrik maka jenis Las Trafo maupun Las Inverter wajib ada.

tetapi sebelum anda membeli mesin las listrik, alangkah baiknya anda mengetahui tentang Tips Memilih Mesin Las Listrik Yang Bagus harga mesin ini mulai kisaran 1 jutaan ke atas untuk jenis mini inverter

Gerinda Tangan

Gunanya untuk pemotongan maupun grinder penghalusan hasil pengelasan, harganya mulai 200ribuan

Mesin Potong Besi / Cutting Off

Fungsinya jelas untuk memotong material besi, karena usaha las listrik sangat berkaitan erat dengan bahan besi. harga mulai 2 jutaan

Kompressor

Untuk pengecatan hasil pekerjaan agar hasilnya lebih halus dibanding dengan kuas.

Untuk jenis kompressor bisa pilih yang menggunakan listrik saja lebih murah dibanding kompressor dengan mesin bensin. harga kompressor listrik sekarang ini juga mulai 900 ribuan.
Dan jangan lupa untuk Spray Gun sekalian, harga spray gun untuk ngecat mulai 180ribuan

Bor Listrik

Ada dua jenis bor yang perlu dibutuhkan, yakni jenis bor khusus beton dan juga bor biasa, alangkah baiknya untuk jenis bor biasa bersistem bolak-balik (Variabel Speed).
Harga bor Beton kualitas baik mulai 850ribu keatas, untuk bor listrik biasa mulai 200 ribuan

Genset

Untuk genset sebenarnya hanya untuk antisipasi saja, alias saat listrik dari PLN mati dan pekerjaan mesti diselesaikan hari itu juga, atau saat pemasangan di perumahan yang biasanya memiliki listrik rumahan berdaya 450 watt jelas tidak kuat untuk menghidupkan mesin inverter 900 watt, maka fungsi dari Generator Set amat berguna.

Namun harganya paling mahal diantara alat diatas, mulai 7 jutaan versi standar.
Ini bisa diakali kalau didaerah anda ada penyewaan GenSet, di kota kami saat ini biaya sewa untuk alat genset mulai 35ribu per hari, dengan bensinnya mengisi sendiri.

bengkel las listrik

Kurang lebih hanya itu beberapa peralatan penting wajib ada dalam usaha bengkel las listrik, untuk alat-alat kecil lainnya seperti Tang, Obeng, dan lain-lain tidak kami bahas karena jelas anda tahu sendiri berapa harganya.

semoga catatan ini dapat memeberikan pemahaman baru bagi anda yang besok mau membuka bengkel las listrik, selamat semoga lancar jaya,
salam