Memulai Usaha Bengkel Las Listrik



Catatan ini merupakan wejangan dari seseorang sahabat saya yangmana saat ini sudah menekuni usaha bengkel las listrik. 

Asumsikan saat anda membaca ini juga pasti sedang mencari referensi prospek masa depan bagaimana kelanjutan usaha berkaitan dengan konstruksi pengelasan minimum seperti pembuatan kanopi besi, pagar besi, teralis jendela dan lain-lain yang masih berkaitan dengan eksterior (paling banyak) rumahan.

Usahan Bengkel Pengelasan

Apa sajakah yang perlu disiapkan sebelum memulainya,
  1. Skills,
    ini jelas nomer satu, sebelum menjual sesuatu, kita diharuskan untuk menjual diri kita sendiri.
    Menjual diri bukan berarti seperti menjual sesuatu mirip di "Taman Lawang" atau Am3L Alv!.

    Bukan bukan itu maksudnya.

    Menjual sesuatu dalam diri maksudnya adalah skill, alias keahlian.
    Seperti kata pepatah, "Jika kamu telah menghabiskan 10 ribu jam dalam hal itu, niscaya kamu sudah menjadi ahli"
  2. Networking
    Membangun jaringan sebanyak-banyaknya ini penting.
    Untuk ukuran seperti pelaku usaha proyek jelas dalam membangun jaringan dimulai dengan relasi-relasi yang juga berkaitan dengan proyek konstruksi, umumnya para mandor.

    Dengan adanya perluasan jaringan, dimasa datang kita tidak akan kesulitan jika suatu hari bisnis kita mulai sepi, tinggal kontak beberapa relasi saja tentang proyek dijamin biasanya selalu ada.
  3. Persiapan Alat
    Kan lucu kalau memulai usaha hanya bermodalkan pinjam alat, untuk ukuran usaha bengkel las listrik skala kecil paling sering dibutuhkan hanya Mesin Las Trafo/Inverter, Grenda Tangan, Bor Listrik (Beton/Biasa)
  4. Pemasaran / Marketing
    Kita sudah memasuki era Digital, jika dimasa dahulu pemasaran hanya lewat Word of Mouth atau paling banter melalui pemasaran 1.0 (satu arah) seperti Radio, koran atau selebaran brosur yang ditempel di tiang-tiang listrik. Maka sudah saatnya anda memulainya dengan tambahan pemasaran 2.0 alias pemasaran dua arah, misal melalui Sosial Media ataupun weblog.

    Kawan saya bahkan hanya mengandalkan membangun jaringan melalui Facebook pribadi dapat menjaring relasi-relasi baru yang lebih melek akan teknologi, ini karena kebanyakan klien Beliau mengenalnya lewat fesbuk pribadinya yangmana
    Dia sering sharing tentang pekerjaan-pekerjaan las listrik. (Beliaulah Relasi Las Listrik Kami)
Bengkel Las Listrik

Kurang lebih inilah beberapa saran dari kawan saya seorang pebisnis pengelasan listrik rumah tangga seperti pembuatan kanopi, pagar besi rumah minimalis, tralis dan masih banyak lagi lainnya yang berhubungan dengan las-mengelas skala kontruksi kecil.

Semoga dapat menjadi wawasan baru bagi anda, salam
kalau saya pribadi masih mendalami skillsnya terlebih dahulu
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+