Tips Sebelum Membeli Mesin Trafo Las Listrik

Tips ini berdasarkan pengalaman penulis, dimana setelah lumayan lama berkenalan dengan seluk beluk mesin Las Listrik yaitu Trafo Inverter.

Saat ini mungkin anda tengah dihadapi sedikit  masalah tentang spesifikasi dari mesin trafo inverter las listrik ini, mengingat harga mesin las listrik ini tidaklah seperti harga kacang goreng pada umumnya, juga tidak adanya spesifikasi yang jelas seperti spesifikasi pada Handphone Terbaru yang banyak beredar diluaran sana.
mesin-las-lakoni

Lanjut, harga dari mesin las listrik jenis trafo inverter ini beragam, dari yang termurah yang banyak ditemui di beberapa Situs jual beli online ditemui menjual dengan kisaran harga 1juta-an keatas.

Dari pengamatan saya, yang terbanyak adalah merk Lakoni Inverter Trafo. 
Lakoni Falcon Inverter 900 watt jenis mesin las listrik inverter paling laris saat ini, dimana dengan harganya yang jauh dibawah dari merk-merk lainnya.

Nah sekarang apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli Mesin Las Listrik ini?
  • Budget
Budget atau jumlah dana yang disiapkan, minimal jika ingin membeli yang termurah yaitu siapkan dana sekitar satu juta keatas, dibawah itu saya jamin tidak ada, kecuali mesin trafo las listrik bekas dengan resiko tanpa garansi produk
  • Durasi Pemakaian
Maksudnya adalah, anda akan memakai mesin trafo las listrik ini untuk jangka lama, misal 8 jam non stop atau hanya sekedar untuk pemasangan saja.

Jika menggunakan mesin las 900 watt umumnya mesin jenis ini hanya dipakai untuk jangka pendek, dalam artian biasanya dipakai untuk aplikasi pemasangan saja yang umumnya memakan waktu kisaran 2-4 jam.

Untuk pemilihan mesin yang digunakan sehari-hari full lebih baik disarankan memilih jenis Mesin Las Listrik dengan daya 1500 watt keatas.
Mesin dengan daya 1500 watt keatas jelas lebih tahan untuk dipakai berjam-jam.
  • Fitur bisa Genset
Kendala bagi para pelaku jasa Las Listrik adalah jika di tempat yang akan dipasang tidak ada listrik, atau listrik yang ada di tempat tujuan tidak mencukupi (misal perumahan yang hanya 450 watt).

Solusinya jelas pakai Generator Set.

Namun yang perlu diketahui adalah tidak semua jenis mesin las listrik 900 wat  mendukung pemakaian menggunakan Genset ini, mengingat voltase pada genset akan berubah naik turun dalam pemakaian pengelasan.

Dan ini jelas akan mempengaruhi bagian komponen elektronik yang ada di dalam mesin trafo las listrik ini.

Pengalaman saya memiliki mesin las listrik 900 watt merk Maestro yang tidak tahan dengan penggunaan memakai GenSet, hasilnya, Rusak. hahaha. 

Mesin-Las-Listrik

Konsultasikan pada Penjualnya, apakah mesin las listrik 900 watt yang anda pilih mendukung penggunaan memakai genset atau tidak.

Untuk mesin trafo inverter 1500 watt keatas umumnya sudah mendukung penggunaan dengan Genset.

Nah demikian tadi sedikit tips dalam memilih mesin inverter trafo las listrik, semoga dapat menjadi pemahaman bagi anda kedepannya agar dapat menemukan mesin inverter las listrik terbaik.

Dan ini > daftar harga mesin las listrik terbaru sebagai acuan bagi anda yang akan membeli mesin las inverter

Satu hal lagi jika bagi anda yang baru pertama kalinya akan membeli mesin las listrik ini dan juga pertama kalinya akan bersentuhan dengan dunia las listrik, anda perlu membaca artikel tentang Efek Sinar Las Listrik sebuah tips bagi anda yang akan bertemu dengan dunia las listrik pertama kalinya.
Bagi yang sudah pengalaman ga usah dibaca.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+