Pemasangan Rak Dinding

Ada kawan saya yang penasaran bagaimana sih cara memasang rak dinding.
Kebetulan pula kami punya beberapa gambar saat pemasangan rak dinding ini. 

Untuk jenis rak dinding yang pernah kami pasang ada dua type, yang pertama adalah model dengan alas kaca untuk tempat menaruh aksesoris helm pada waktu itu, dan juga model yang menggunakan siku lobang dengan isi papan multiplex ataupun bisa juga papan kayu.

Kita mulai dari Rak dinding alas kaca.
rak dinding

Diatas adalah contoh penerapan rak yang menempel  pada dinding untuk etalase jualan helm motor, pertama-tama kita pasang dahulu besi dudukan tempat dimana siku untuk kaca menempel.

Pemasangan menggunakan sekrup kayu dan fisher

memasang rak dinding

Yang perlu diperhatikan, ketinggian tiap lubang pada dudukan besi tersebut harus sejajar dengan besi lainnya.
Cara mudahnya kita pasang dua tiang sebelah paling pinggir terlebih dahulu dan gunakan waterpas, atau jika lantainya sudah rata tinggal diukur saja dari lantai mau seberapa tinggi.

Jika sudah terpasang bagian kanan dan kiri, kini kita pasangkan benang dan untuk tiang di bagian tengahnya tinggal mengikuti tinggi benang tersebut. maksud kan??

Untuk pemasangan tiangnya gunakanlah bor drill yang memang khusus untuk mengebor tembok,

memasang rak dinding

lalu masukkanlah sekrup beserta fischer-nya tinggal dikencangkan saja, setelah itu masukkanlah siku dudukan alas kaca dengan ketinggian yang diinginkan anda.
dan mulailah anda isi dengan alasnya, pada contoh ini kami menggunakan alas kaca setebal 5mm


memasang rak dinding

karena menggunakan kaca, maka untuk penguncian-nya kita hanya menggunakan lem sealant atau lem kaca, kalau anda menggukan alas kayu maupun multiplex maka anda harus menggunakan mur dan baut sebagai pengunci alas agar tidak bergeser.

Selain dari rak dinding dengan bentuk modifikasi seperti pada gambar diatas, ada lagi rak yang ditempelkan pada dinding dengan menggunakan siku lobang, sudah pada tahu kan tentang siku yang ada lobangnya, nih bentuknya

siku lobang

Kalau beli sepaket isinya 10 batang sudah termasuk mur baut dan segitiga siku. ketebalannya-pun bervariasi terserah anda nantinya mau pakai yang seberapa tebal.

Pada bagian setiap sudut dari rak ini harus diberi segitiga siku, pada bagian tengahnya tidak perlu diberi juga tidak mengapa.

rak siku lobang

Nah setelah jadi, anda tinggal mengisi alasnya, umumnya menggunakan papan multiplex dan juga papan kayu.

 setelah semuanya jadi, kini kita tempelkan pada dinding dan sama seperti pada rak kaca penempelannya juga menggunakan sekrup fisher, karena untuk rak dengan ketinggian diatas 1,5 meter jika tidak diberi sekrup fischer dikhawatirkan mudah roboh, kalau sudah dikunci sekrup pada dinding dijamin makin kuat

pemasangan rak dinding

Nah demikian tadi ulasan tentang cara memasang rak pada dinding, semoga bisa sedikit memberikan gambaran bagi anda yang mungkin belum tahu,
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+