Kanopi Atap Kaca

Jika biasanya kanopi banyak ditemui beratapkan Polycarbonate maupun beratap seng galvalum, untuk jenis kanopi beratap kaca merupakan sesuatu yang jarang ditemui.

Seperti pada pemasangan kali ini, pengalaman baru memasang kaca buat atap kanopi minimalis di sebuah rumah, masih di kota purwokerto pastinya.
Ada beberapa hal yang kami perhatikan, dan setidaknya bisa jadi pengalaman kedepannya.

Kanopi Atap Kaca

Umumnya, ditemui untuk atap bening pada kanopi menggunakan bahan sejenis akrilik, bentuknya lembaran seperti kaca, hanya saja lebih mirip plastik.

Menggunakan akrilik hasilnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan bahan dari kaca, hanya saja dalam pemasangan bagi pemasangnya akan lebih mudah karena tidak berurusan dengan material gampang pecah seperti kaca yang kami pasang ini.

Pada gambar diatas, menggunakan kaca bening 5mm, dengan panjang kaca dari belakang kedepan 120cm dengan lebar rangka sekitar 50 cm per kotak, disarankan jangan terlalu lebar jika menggunakan kaca setebal 5mm, adapun rangka dudukan atap kacanya, yakni rangka kanopi itu sendiri terbuat dari bahan besi kanal C tebel, super kuat saat diduduki oleh kami.

Untuk motifnya menggunakan stiker kaca bermotif kotak-kotak. 

Kanopi-Kaca

Karena ini dipasang di perumahan dibagian belakang dengan tembok keliling, kemungkinan kaca pecah terkena benda padat sangat minim, terkecuali kalau gunung slamet dibagian utara kota meletus dan mengeluarkan batu sepertinya kejadian pecahnya kaca ini baru terjadi namun semoga saja jangan sampai. 

Alasan pemilik menambahkan stiker kaca adalah agar jangan terlalu silau terkena sinar matahari langsung, jadi ada penghambatnya laju sinarnya.

Saran pribadi sih seharusnya menggunakan stiker jenis Sundblast, dimana stiker ini lebih tebal dari stiker kaca biasa.

stiker kaca

Untuk pemasangan stiker kaca-nya diletakkan dibagian bawah bukan dibagian atas.
 Karena jika ditempelkan dibagian atas akan cepat mengelupas, ini dikarenakan bersentuhan langsung dengan cuaca panas matahari dan dingin dari hujan.

Cara memasang kaca sticker ini cukup mudah, mirip saat kami memasang kaca sundblast, anda-pun jelas bisa memasangnya sendiri, dengan alat utama yang diperlukan hanyalah sekrap dan semprotan air.

Kapan-kapan kalau masih diberi waktu akan kami buatkan artikel  tutorial sederhana pasang stiker kaca.
salam
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+