Aluminium Foil

Aluminium Foil adalah jenis material berbentuk lembaran tipis, dimana kegunaannya banyak ditemui di beberapa aplikasi Bangunan dan peralatan rumah tangga.

Ketebalan dari bahan ini kebanyakan umumnya Tipis antara 0,2 milimeter, disebut Foil karena termasuk dalam lembaran dengan ketebalan dibawah 150 micron.

Aluminium Foil mengandung sekitar 92%-94% bahan dasar Aluminium  yang berbahan dasar bauxite. Berbagai keistimewaan dari foil ini ialah : Ekonomis, fleksibel, mudah diaplikasikan sesuai kegunaan, bentuk unik menarik, kedap udara, higienis, tidak beracun, tak berpengaruh pada rasa dan bau,

Aluminium Foil juga termasuk penghantar kalor yang baik bagi listrik dan sinyal.

Aluminium Foil ini mudah ditemui dibeberapa Toko Material/Bangunan, harganya tergantung jenis dari Foil yang dimaksud, namun kebanyakan yang sering dijual adalah jenis Lembaran untuk Atap dan juga Sticker.

Berikut ini saya rangkum Beberapa aplikasi dari bahan yang bernama Aluminium Foil yang sering ditemui  ini;

Berbagai Fungsi dan Manfaat Penggunan Aluminium Foil


  • Peredam Panas
Aluminium Foil untuk Peredam Panas (Roof Insulation) banyak ditemui pada beberapa proyek Rangka Atap, baik itu Rangka Atap Baja Ringan ataupun Rangka ata biasa yang terbuat dari kayu, sifatnya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu kedap udara secara tak langsung menghambat masuknya suhu panas dari matahari yang dihalangi langsung oleeh lembaran foil ini.

Aluminium Peredam Panas Atap 

Banyak Gedung-Gedung perkantoran yang kini menerapkan peredam panas di bangunanya, selain bermanfaat juga melindungi komponen yang ada dibawahnya seperti Jalur kabel listrik.

 Gedung Rumah Sakit, Kawasan Pergudangan, Pabrik, Sekolah dan bahkan Rumah pribadi-pun banyak yang menggunakannya. harga untuk peredam panas dari aluminium ini biasanya dihitung dalam bentuk Roll, umumnya per Roll berkisar 400ribuan keatas, dengan ukuran rata-rata 50meter x 120cm.

  • Pembungkus Makanan

Hampir mayoritas Produk makanan pabrikan menggunakan material aluminium foil ini untuk membungkus produknya, karena memiliki sifat yang kedap udara, air dan minyak juga higienis (bersih) bahan ini menjadi wajib digunakan.

Aluminium Foil Pembungkus Makanan

Dari Snack ringan jajanan anak-anak sampai kebutuhan bahan pokok seperti kopi,teh dll-pun kebanyakan menggunakan kemasan ini. 

Bahan pembungkus bagian dalam Rokok juga hampir semua menggunakan aluminium foil, itu lho kertas berwarna perak yang sering ditemui dalam pembungkus rokok. 

Untuk para ibu-ibu yang hobi masak kue atau roti juga sering menggunakan aluminium foil ini, anda penasaran? kok aluminium foil buat kue? tanyalah pada yang biasa bikin roti.

  • Penguat Sinyal

Karena termasuk dalam kategori penghantar kalor, aluminium foil ini juga termasuk dalam material yang berfungsi baik untuk penghantar sinyal, 

bisa diaplikasikan untuk antena modem ataupun antena lainnya, saya juga memakai bahan aluminium foil berbentuk stiker ini untuk antena Wifi yang saya gunakan., artikelnya bisa baca disini > WiFi Purwokerto   

wajanbolic

harga stiker ini kisaran 2ribuan ukurannya per roll panjang sekitar 30cm, bisa dibeli ditoko material terdekat banyak yang jual. 

Fungsi lain stiker aluminium foil ini adalah sebagai penambal bocor atap seng.

Masih banyak lagi fungsi dan kegunaan dari Aluminium Foil, diatas tadi adalah sedikit dari banyaknya aplikasi. untuk mencarinya anda bisa baca > Toko Aluminium Foil

 semoga informasi tentang Aluminium Foil dan berbagai fungsinya ini sedikit menambah wawasan bagi Anda dimanapun berada.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+