Pembohongan Publik Mesin Las 450 Watt

Semenjak banyaknya para pencari mesin las dengan daya watt ukuran mini, makin banyak pula pabrikan produsen mesin las, dalam hal ini inverter yang melihat peluang besar ini..

berbondong-bondong mulai sekira tahun 2017-an mulai muncul si abu-abu dengan jargon pada body-nya bertuliskan "Inverter 450watt*"

450-watt

Amat senangnlah mereka para pelaku usaha mikro berbasis bengkel pengelasan listrik mendengar kemunculan produk baru tersebut..

dengan harga dibawah satu jutaan menambah kesenangan mereka akan lahirnya mesin las inverter dengan daya irit yakni 450 watt..

------*------*----

Namun apa dikata ternyata setelah membeli mesin las listrik tersebut ternyata tidak bisa dipakai pada rumah yang berdaya listrik 450watt,,

mereka kaum yang mengaku ahli listrik-pun mulai angkat bicara..

dengan pernyataan mereka bahwa dirumah warga listrik yang dipasang PLN tidaklah benar 450 watt karena menurut mereka perhitungan yang benar adalah

Tegangan = 220 Volt 
Arus = 2 Amper
 Cosphi. = 0,8 
220 x 2 = 440 
VA 440 x 0,8 = 352 watt 

Jadi daya yang dapat digunakan adalah sebesar = 352 Watt Bukan 450

saya tidak tahu mana yang benar dan mana pula yang paling benar, karena saya belum mengetahui secara detail mengenai kelistrikan

namun kalau menanggapi pernyataan dari komentar "para ahli listrik"  tersebut secara tidak langsung malah menuduh bahwa selama ini PLN-lah yang membohongi masyarakat dengan besaran watt tercantum pada meteran..

oke, kembali lagi kepada topik, benarkah mesin las 450 watt itu.

Anda bisa melihat pada detail body mesin, disana tercantum tulisan 450Watt*

tanda * sudah secara umum diartikan sebagai S&K (Syarat dan Ketentuan)

yakni maksudnya yang benar adalah bahwa dengan rumah yang memiliki besaran watt 450 mesin tersebut tetap bisa menyala (dalam tanda kutip)

Ingat hanya menyala saja..

ya itu-lah yang sebenarnya terjadi..

Penipuan??

anda boleh berkata demikian, namun mereka jelas berlindung atau diawal sudah menulis tanda *, tanpa tanda tersebut jelas mereka bisa ditegur YLKI,

namun dengan tanda bintang itulah yang harusnya kita, ataupun anda lebih memahami artinya..

Saya pribadi sudah mencoba beberapa merk inverter yang mengusung tulisan angka empat ratus lima puluh watt, mulai dari yang warna abu-abu, warna putih sampai warna si biru yang harganya 500ribuan itu..

semuanya zonk saat ditest dirumah orangtua yang meterannya paling minim versi PLN.

Bagaimana di Meteran 900 Watt ??

kebetulan saat kita pasang pagar maupun pintu dan kanopi paling sering pula  ketemu rumah yang listriknya bermeteran 900watt..

namun lagi-lagi dimeteran yang tertulis dua kali lipat dari inverternya juga tidaklah mulus seperti harapan,

tukang-las-listrik

sering kita dengan halus meminta kepada sang pemilik rumah untuk mencabut semua peralatan rumah tangga yang memiliki watt tinggi seperti kulkas, TV dan Pompa air.

itu karena berdasar pengalaman kami dengan rumah yang 900watt hanya bisa setel amper di mesin las listrik sekira 40- 55 ampere saja, diatas itu mcb trip/anjlok..

yangmana anda tahu dengan besaran ampere tersebut masih kurang sempurna buat pengelasan..

Penutup

Pada akhirnya mereka para produsen dan juga kita calon konsumen memang harus selektif dalam memilih sebuah alat pengelasan..

orang awam mungkin mengatakan kalau para produsen adalah pembohong, namun mereka para produsen jelas mengatakan bahwa kalian yang kurang pengetahuan mengenai tanda sakti bintang * S&K

Semoga dengan ulasan dari kami ini dapat berbagi kepada anda sedikit pengalaman dari kami.
karena berbagi pengetahuan itu adalah amanah dari Tuhan yang akan ditanyakan kelak di alam lanjut (kalau ada)

Nb : Saya tidak menyebutkan merk-nya, jadi kalau ada diantara anda orang produsen jangan anggap artikel ulasan saya ini adalah tulisan tanpa bukti, silahkan anda survei 150ribu Welder yang ada di Indonesia dan tanyakan pada mereka mengenai produk anda

Jangan lupa Subscribe Channel Youtube Kami >> MinimaList Art