Mendongkrak Sales dan Memahami Royalti

Di KDP, ada sebuah fitur yang bernama Promote and Advertise,

bisnis-buku-digital


Artinya ketika anda membuat sebuah buku, anda bisa langsung mempromosikannya sebagai buku gratis (dalam batas waktu) atau sebagai buku berdiskon dari harga asli.

Dua-duanya memiliki kelebihan masing-masing, jika digratiskan maksimal 5 hari dalam waktu 90 hari sekali, ini bisa berfungsi untuk branding buku anda terlebih dahulu.

Jika promo diskon, maka anda bebas mematok harga prromosi dari harga asli, ini juga bisa sebagai pemancing agar calon pembeli tertarik.
 Untuk promosinya sendiri bisa dilakukan saat buku anda sudah berstatus LIVE dan baru mulai masuk pada menu promosi KDP sebulan kemudian dari waktu saat anda ngeklik promote

Data Riset dari Forum Author KDP mengatakan kalau Buku yang memasuki peringkat 5000 besar diperkirakan terjual minimal 75 copy, bayangkan jika anda memiliki sebuah buku berharga 2 dollar dan ternyata dikemudian hari dapat memasuki peringkat 5000 besar, berapa royalti yang didapat??

Di kdp, untuk peringkat 10 besar diperkirakan setiap bukunya terjual antara 2000 sampai 3000 eksemplar dan rata-rata mendapatkan royalti senilai US$20 ribu atau sekitar 250 juta rupiah perhari!!

(kalau buku saya paling bagus hanya memasuki peringkat 300 ribu untuk universal)

buku-terlaris
100 buku terlaris saat artikel ini ditulis


Memahami Sistem Pembayaran/Royalti

Penting : pastikan saat membaca bab ini anda sudah membuat sebuah ebook di kdp.

Sebenarnya ini adalah suatu hal sangat mengganggu, kenapa??
Karena jika anda hanya langsung fokus di bab ini artinya anda hanya fokus akan hasil, bukan usaha.

Di kdp amazon, tersedia beberapa metode pembayaran royalti yakni lewat EFT,Wire Transfer dan juga Check.
Sebagai warga Indonesia kita hanya diberi kesempatan untuk menerimanya lewat Check yang akan dikirim ketika royalti mencapai batas minimum US$100, dan check tersebut bisa dicairkan di bank lokal,

Berdasar pengalaman waktu untuk mencairkan adalah menunggu selama 40 hari dan terpotong biaya lagi saat berhasil dicairkan, tiap bank berbeda rata-rata 20-30 dollar setiap pencairan.

Adalah hal yang mengecewakan memang jika hanya mendapat check senilai US$100 karena akan banyak biaya potongan.

Kabar baiknya, kelemahan ini bisa diatasi dengan cara anda membuat akun bank di Amerika sana, caranya adalah anda mendaftarkan diri melalui Payoneer,
silahkan anda buat dan daftar akun disana, ingat daftarkan dengan identitas sebenar-benarnya karena akan diminta scan KTP ID. silahkan buka > Daftar Payoneer


Ketika proses disetujui, nantinya anda akan dikirim sebuah prepaid card dari payoneer yang berfungsi untuk menarik dana dari royalti kdp.

Tunggu sekitar 40 hari biasanya kartu akan tiba dirumah anda,

Ketika kartu datang dan anda aktifkan, maka saat itu juga anda telah mempunyai akun rekening bank US (Federal Savings Bank),
dan pada menu akun kdp anda bisa mengubah sistem pembayaran dari check ke EFT dengan nomer identitas bank yang bisa anda dapatkan di akun payoneer anda.

rekening-bank-us


Sekedar berbagai pengalaman, dulu sebelum saya mengenal payoneer, saya pilih menu royalti pakai check, ketika pendapatan saya mencapai US$153, barulah check dikirim, perlu dipahami ada mekanisme Tax/pajak di amazon.com sebesar 30% dari total royalti.
Untuk market lain seperti amazon inggris,jepang,jerman, india dll selain amazon pusat (.com) tidak dikenai pajak.

Namun selama 5 bulan nunggu sampai dengan tulisan ini dibuat tidak pernah sampai dirumah saya.
Jangan khawatir, selama check belum dicairkan (yang bisa mencairkan hanya sesuai nama), maka dana masih tersimpan aman di sistem mereka, saat itulah saya menemukan informasi tentang payooner ini dan langsung saya ubah menu pembayaran check menjadi EFT dengan data sesuai akun di payoneer, gak perlu nunggu lama, di tanggal 21 dana sudah masuk di rekening payoneer saya.

kebetulan pula saat itu kartu prepaid card payoneer juga mengalami nasib sama dengan check, yakni tidak sampai dirumah, jadilah saya memilih opsi pengiriman kartu menggunakan jasa DHL.

Perlu diketahui ketika memilih opsi ini maka anda akan dibebankan biaya sebesar US$50 sebagai ganti biaya pengiriman, yang mana sebelumnya direkening payooner anda sudah tersedia dana tersebut.
Hanya butuh waktu selama seminggu kartu sudah sampai, dan tinggal aktivasi saja, untuk aktivasinya sendiri dikenakan biaya sebesar US$30.

Ketika kartu telah aktif, maka saat itu juga kartu sudah siap digunakan untuk penarikan dana di ATM manapun di Indonesia yang ada Logo MasterCard-nya
payoneer-DHL


Pengalaman saya pertama kali menarik di ATM Mandiri, caranya?

Masukan Kartu> Pilih bahasa> Masukkan Password> Pilih Rekening Kredit> Pilih Penarikan Cepat dan pilih nominal tersedia

Pertama kali saya coba tarik sebesar 500ribu dan alhamdulillah berhasil, sepulang kerumah saya cek akun payoneer sudah ada keterangan ditarik melalui ATM seperti ini ;

tarik-uang-atm-payoneer
biaya sekali tarik tunai adalah $3.15


Keuntungan memakai cara ini, setiap bulan bakalan ditransfer oleh pihak KDP seberapapun besar royalti yang anda dapat 90 hari yang lalu,

di kdp amazon, sistem pembarannya adalah sesudah 90 hari,
maksudnya begini, misal di bulan januari anda dapat royalti sebesar US$5juta (berkhayal gak dosa kan?), nah maka dana itu dikirim pada bulan Maret sekitar tanggal 21 direkening anda.

Bahkan ketika dalam sebulan hanya dapat 1 dollar-pun tetap dikirim royaltinya, nih bukti dari teman saya yang sudah praktek dengan satu bukunya kemarin

royalti-kdp-buku
 itu 1.92 dollar ya buka 192 dollar


Lebih mudah dan gampang kan daripada opsi Check yang harus nunggu minimum US$100.
(update 20 Maret 2016) Oh ya, untuk market lain juga sama yakni dibayarkan 90 hari kemudian, berdasar pengalaman aka nada notifikasi dari Pihak KDP Payment setiap tanggal 20-21 tiap bulan.

Ingat itu hanya notifikasi pemberitahuan hasil royalty anda 90 hari yang lalu, untuk pembayaran masuk ke rekening di akhir bulan, ini contohnya

royalti-kdp

Nah pada screenshoot diatas adalah pemberitahuan hasil royalty saya di bulan maret 2016 dari beberapa marketplace seperti Amazon.com (US) amazon.co.uk (inggris) dan lainnya.
Ehh jangan salah ya, jangan dikira dapetnya gede, hahaha. 
Cuma cukuplah buat beli masakan padang seporsi

pembayaran-buku-amazon

Pada keterangan yang saya tandai panah ungu, itu adalah table mengenai pajak royalty, seperti yang saya jelaskan sebelumnya, hanya market amazon.com saja yang dikenai pajak, kisarannya 30%.

Kalau market lain tidak dikenai pajak. Untuk pengecekan royaltinya bisa dicek melalui tab Reports
panghasilan-kindle

Sales dashboard, berisi jumlah statistic pembelian buku, yang bisa dicek setiap hari
Prior Week’s, statistic penjualan mingguan
Prior Month’s, statistic penjualan bulanan
Payment, seperti gambar sebelumnya diatas berisi laporan pembayaran yang dikirim, ada tiga status yakni Pending, Paid dan Failed.

Pending berarti sedang menunggu untuk dikirim, pengalaman pribadi dilaporan dikirim hari sabtu (waktu lokal), ternyata masuk dana baru hari selasa malam. Ini karena perbedaan waktu di Indonesia dengan New York (bank pembayar) selisih 12 jam lebih cepat waktu kita disini.

Paid, berarti dana sudah dikirim rekening/dicairkan (bila check).
Sedangkan Failed, artinya dana gagal terkirim, biasanya masalah kesalahan nomer rekening, atau alamat pengiriman check hilang.

Seperti kasus check saya dulu sebelum sampai dirumah berstatus Pending, sekitar 5 bulan tidak kunjung datang juga masih berstatus Pending, sampai ketika saya rubah payment method menjadi EFT (Payoneer) dan menghubungi CS mereka, maka dana akan dipindah kedalam rekening dan secara otomatis nomer faktur pembayaran check akan berstatus Failed. 

Tidak perlu khawatir hubungi saja CS KDP-nya untuk keterangan lanjut
Conclusion

Akhir kata, inilah pengetahuan berdasar pengalaman yang sudah saya buktikan, walaupun memang dalam nominal saya belum mencapai jutaan per bulan setidaknya saya telah membuktikkannya terlebih dahulu sebelum membagikan pengetahuan ini, 


saya butuh waktu selama 2 tahun untuk mendapatkan pemahaman ini dan anda hanya membutuhkan waktu paling lama 2jam saja untuk membaca pengetahuan ini, yang mana waktu trial dan error dari pengalaman saya bisa menjadi pelajaran agar anda tidak salah langkah seperti saya dulu.

Asal anda tahu pula, sampai tulisan ini dibuat bahwa saya hanya baru menerbitkan 4 buku saja, 2 karya asli dan 2 karya Public domain (salah satunya Arabian Nights tadi).

Bayangkan seandainya anda dapat membuat minimal 50 buku saja (public domain misalnya) apakah tidak ada kemungkinan untuk mendapatkan sales dari jutaan pengunjung KDP??

Ada seorang pembaca yang mengabari saya telah berhasil dalam pembuktian informasi ini, walaupun juga nominal yang beliau dapat belum banyak, setidaknya semangatnya luar biasa.

Dan perlu diketahui, ada kalanya yang memberikan informasi kalah jauh secara pengalaman dan juga pendapatan dari yang diajari seperti anda misalnya yang suatu saat menghasilkan ribuan dollar.

Saat anda mencapai titik itu, kabarilah saya dan akan dengan senang hati kalau anda mengajari pengalaman baru anda nantinya.

Semoga pula ebook sederhana ini tidak hanya menjadi pajangan di folder perangkat anda.



Sekian dan terima kasih atas waktunya

Salam Lukman Fi (dengan nama pena KDP Mr. LukFit),

ada pertanyaan tambahan dan ada yang belum jelas, silahkan krim sms saja di nomer 085726569150 ,

Credit Book thanks to Fary SJ Oroh atas pengetahuan kindle,

Yan Nurindra atas pengetahuan Reiki (buku saya paling laris niche reiki di kindle),
Restu Nugroho atas jasa desain cover,
dan Michael S. Hart (almarhum) bahagia selalu disana atas sumber public domain guttenberg,

Disclaimer

Saya gak menjanjikan Anda dapat ratusan dollar, namun saya dapat pastikan anda mendapatkan SATU dollar pertama anda jika sudah memiliki satu ebook disana, dan tugas anda selanjutnya adalah memanggil sisanya untuk mengikuti dollar yang sudah didapat 


dollar-dari-amazon
 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+