Roda Gerobak

Roda untuk gerobak diperlukan, agar pemindahan posisi dalam berjualan lebih mudah. Apalagi jika memang tempat berjualan itu memerlukan gerobak yang mudah dipindah-pindah.
Nah penngunaan roda ini menjadi penting, untuk tiap gerobak-pun berbeda-beda jenis rodanya. Contoh jika untuk gerobak jenis seperti ini,

roda gerobak aluminium
  lihat juga > Gerobak Aluminium 

maka roda yang diperlukan adalah dua roda besar  dan juga roda kecil dibagian belakang sebagai setir kemudi.
Untuk harga rodanya sendiri mulai harga dari 250 ribuan per pasang untuk roda besar, dan kisaran 100 ribu untuk roda bagian belakang (2016), harga tersebut adalah harga mentah untuk rodan-nya saja, jika anda membeli sendiri dan memasang sendiri, mungkin lebih murah. Kalau dipasangkan di bengkel las, biasanya dikenai ongkos ngelas dan harga pengelasannya tergantung tukangnya..

Berbeda lagi jika model gerobaknya jenis etalase  seperti gerobak warung makan atau warteg, maka pemilihan roda ban gerobaknya pun berbeda.
Kalau di warteg memakai roda seperti diatas sepertinya agak lucu, karena kebesaran tentunya. Umumnya untuk gerobag warteg menggunakan roda kecil jenis caster (bulat) maupun bentuk roda karet seperti dibawah ini

roda etalase gerobak


Saran saya lebih baik memilih menggunakan roda jenis diatas, daripada jenis caster, roda caster tidak awet jika untuk bertumpu beban berat, alias mudah pecah, karena bahan roda bulatnya dalah dari bahan plastik  bukan karet.

Penasaran ingin membelinya, gampang ditemui penjual roda ini, kami biasa beli pada tukang tambal ban dekat toko mahkota pasar wage Purwokerto. Atau di toko besi juga biasanya ada.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+