Tips Menggunakan Cat Pelapis Anti Bocor

Memasuki musim hujan seperti saat ini biasanya mulai muncul beberapa titik kebocoran pada atap rumah, pun begitu sama halnya kejadian seperti yang kami alami saat ini.

Diminta konsumen untuk mereparasi kanopi yang bocor, dan umumnya yang bocor ini adalah yang bertemu langsung dengan tembok,

jadi gambarannya pada bagian belakang seng bertemu dengan tembok,

 biasanya pada pemasangan kanopi seperti ini di bagian belakang diberi sebuah karpet talang, sebagai penutup celah antara tembok dan seng, agar tidak adanya air yang memasuki celah tersebut, bisa dilihat pada gambar dibawah ini

no drop cat pelapis anti bocor

nah, kelemahannya dari talang tersebut akan awet bila tidak terkena sinar matahari langsung,

kalau terletak di bagian yang terkena sinar matahari memang bisa awet jika tidak terkena benda lain yang dapat merobek karpet talang itu, dan solusinya adalah menggunakan cat pelapis anti bocor yang dilapisi serabut, mirip seperti serabut pada rofing list gipsum.

Namun juga untuk pemasangannya-pun kita mesti melihat cuaca, amat sangat baik jika menerapkannya pada saat cuaca panas dan juga bagian antara seng dan tembok sudah benar-benar kering.

Karena jika dalam kondisi masih lembab dipastikan upaya melapisi dengan cat anti bocor ini akan gagal (berdasar pengalaman) ini beberapa point penting yang perlu diperhatikan
  • Lapisi saat kondisi terang, kering dan panas, ini sangat baik agar proses pengeringan lapisan pertama bisa menempel kuat pada antar bagian (tembok dan seng), setelah dilapisi cat anti bocor ini, tunggu beberapa saat barulah anda memberikan serabut diatasnya dan ulangi lagi melapisi dengan penambal anti bocor untuk kedua kalinya. Saat sudah kering barulah anda lapisi untuk ketiga kalinya dengan tebal.
  • Jika dalam kondisi lembab, dipastikan pelapis ini akan Kalis (tidak merekat) dan hasilnya-pun tidak maksimal, kami pernah mencobanya, dan kami kira pelapis bocor ini cepat kering ternyata tidak, beda dengan sealant yang cukup 10 menit sudah kering.
  • Pemilihan warna, semua warna pada cat pelapis anti bocor sebenarnya berfungsi sama saja, hanya saja tergantung selera anda mau memakai warna yang mana, saran anda bisa menggunakan yang berwarna, agar diketahui beberapa lubang yang mungkin belum tertutup dengan rapat


Adapun saat ini sudah banyak bermunculan beberapa merk dari Cat Pelapis anti bocor ini, anda bisa memilih salah satunya yang menurut anda paling baik, namun pada dasarnya berfungsi yang sama.

semoga beberapa tips diatas bisa diperhatikan sebelum anda menerapkannya pada pertemuan antar kanopi dan tembok
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+