Tips Meminimalisir Efek Samping Las

Menyambung tulisan kami disini yang berjudul > Efek Sinar Las Pada Mata, dimana masih banyak yang menanyakan bagaimana cara agar memeinimalisir efek samping dari pengelasan terutama agar mata tidak sakit saat mengelas.

Berikut ini kami sampaikan sedikit tips yang bisa anda aplikasikan agar sedikit meminimalisir kejadian sakit pada mata setelah mengelas dan juga efek pengelasan lainnya ;

1. Gunakan Pelindung Mata
dalam hal ini adalah Kacamata, adapun dalam pengelasan ada beberapa jenis kacamata yang bisa anda pakai, umumnya kacamata model biasa dengan lensa berwarna gelap kehijauan, seperti ini 

Kacamata Untuk Mengelas

dan ada juga kacamata model topeng dan juga kacamata model helm dengan sistem buka tutup pada lensa. Nah anda sesuaikan saja dengan penggunaannya.

Kenapa penggunaan kacamata ini wajib?

Kacamata mengurangi radiasi sinar las secara langsung dan juga mengurangi kemungkinan bersentuhannya antara asap las dengan bola mata.

Kacamata Las


2. Gunakan Masker
selain mata anda yang perlu dilindungi, bagian pernafasan juga penting sekali untuk dijaga, maka dari itu gunakan masker untuk pelindung.

3. Pakai Lotion
Tahukah anda kalau setelah mengelas beberapa hari kemudian pada bagian muka akan terjadi sesuatu pada bagian kulit?

Ya kulit muka yang tipis bila anda tidak memakai masker, biasanya akan sedikit terkelupas, mirip seperti ganti kulit pada tangan.

Nah untuk mencegah hal ini, biasanya menggunakan lotion kulit pada muka.
Namun kalau sudah pakai masker biasanya aman-aman sajaa.

Penggunaan lotion diperuntukkan bagi mereka yang memang full dalam pengelasan.

Lotion Las


4. Perbanyak Minum Air
karena berhubungan dengan panas, percepatan dehidrasi terjadi lebih cepat dari umumnya, maka dari itu perbanyaklah minum air untuk menjaga dehidrasi.

5. Pakai baju pelindung diri
Untuk Pekerjaan ditempat dengan peraturan kerja ketat biasanya diharuskan memakai wearpack, kalau untuk pengerjaan umum disarankan memakai celana panjang dan juga baju lengan panjang.

Ini untuk mencegah terkena percikan api dari kegiatan pengelasan. Pilih pakaian bahan tebal dan dingin.

Tukang Las


Demikian tadi beberapa tips yang perlu anda perhatikan untuk meminimalisir efek samping dari pekerjaan Las.

Semoga dapat diaplikasikan bagi anda,
salam
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+