Bentuk Aluminium Composite Panel



Seperti yang pernah kami tulis pada artikel sebelumnya berjudul Aluminium Composite Panel : Lembaran Panel Serbaguna , ternyata masih banyak juga yang belum tahu tentang panel composite tersebut, bahkan banyak pula yang meminta dijelaskan secara rinci bagaimana wujud benda dan untuk apa saja fungsi kegunaannya.

Menjelaskannya cukup panjang lebar loh, kalau mau secara rinci, tapi lebih baik lihat saja deh wujud benda yang bernama composite panel ini

Aluminium Composite Panel

Material pembentuk benda ini terdiri dari 3 lapisan, yaitu, lapisan tipis aluminium berwarna, lapisan tebal Composite (seperti bahan velg racing motor), dan terakhir lapisan tipis aluminium tanpa warna.

Sudah agak jelas dan bisa terbayang kan wujudnya??

kalau aplikasinya banyak sekali, secara khusus, Aluminum Composite Panel (ACP) ini berfungsi sebagai pengganti warna cat pada aplikasi bangunan.

Maksudnya, dikhususkan untuk bangunan agar warna bangunan tersebut lebih tahan lama, jika menggunakan pengecatan biasa, umumnya hanya tahan sekitaran 3 tahun dan warnanya akan pudar, berbeda jika menggunakan ACP ini akan bertahan cukup lama sampai 5 tahunan keatas.

Itulah sebabnya pada gedung gedung tinggi kebanyakan menggunakan bahan acp ini sebagai kulit luarnya, ini alasan kenapa acp disebut sebagai pembungkus gedung.

pembungkus gedung

Bisa anda bayangkan kalau gedung tinggi tersebut menggunaka cat sebagai lapisan luar gedung??

berapa biaya rutin yang mesti dikeluarkan untuk perawatan pembaruan warna pengecatan tersebut??

Untuk itulah bahan acp lebih dipilih oleh para developer bangunan tersebut.

Paling mudah ditemui, jika anda pergi ke stasiun pengisian bahan bakar atau POM Bensin terdekat, pasti pernah donk kesana?
nah jika anda lihat pada bagian atas yang berwarna merah bangunan Pom bensin tersebut, pasti menggunakan panel composite, dan juga jika anda menuju ATM maupun kantor Bank biasanya pada pintu utamanya juga dilapisi aluminium composite panel, seperti pada pintu utama Pegadaian-pun kini banyak yang memakai acp ini sebagai aplikasi di pintu utamanya.

Aplikasi Pemasangan Composite Panel

Semoga saja sedikit ulasan tentang aluminum composite panel ini bisa jadi pengetahuan bagi anda yang memang belum mengetahui, buat yang udah tahu, tolong kasih tahu mereka yang belum tahu ya,,
salam
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+