Tangga Baja Ringan Aluminium Rakitan

Tangga Aluminium ini sebenarnya bukan berasal dari bahan aluminium seperti yang disebutkan pada judul diatas, Tangga ini terbuat dari bahan Baja Ringan Sisa.

Hanya saja dinamai tangga alumunium rakitan karena memang model dan motif meniru dari tangga almunium yang banyak dijual di toko-toko.

Ini merupakan hasil karya teman saya, siapa tahu anda juga berminat membuatnya.
Daripada sisa bahan Baja Ringan mubazir gak kepake atau ujung-ujungnya cuman nyasar ke pengepul rongsok, mending manfaatin buat dibikin tangga rakitan.

Tanpa panjang lebar, langsung saja lihat pada gambar.

Tangga Aluminium Rakitan

Hanya saja saat pengambilan foto ini, tangga tersebut belum 100% jadi, masih kurang pengait pengamannya, seperti yang ditunjukkan pada garis merah, disitu perlu sekali diberi sebuah kait pengaman agar tangga rakitan ini aman digunakan.

Anda bisa memodifikasi sendiri bentuk pengainya, masih juga menggunakan bahan baja ringan sisa bisa kok. Nah rangkaian dari tangga (mirip aluminium) rakitan ini adalah sebagai berikut,

Tangga Baja Ringan

Untuk atasnya diberi engsel bekas pintu, atau jika tak ada bekas, beli engsel barupun tidak masalah. Gunakan juga sekrup besi maupun paku rofing untuk baja ringan, pastikan pemilihan engsel cukup kuat.
Lalu untuk dudukan alas kaki anda bisa melihat detailnya pada gambar dibawah ini,
Tangga Besi Rakitan

Sekali lagi pastikan dudukan kaki cukup kuat untuk menahan beban anda, dan perlu diingat, bahan yang digunakan untuk membuat tangga aluminium dari bahan baja ringan rakitan ini adalah dari bahan baja ringan kanal C kualitas bagus, dalam arti bahan baja ringan yang tebal, karena jika bahannya tipis salah-salah bisa melengkung.

Adapun keunggulan dari tangga rakitan ini adalah dari segi efisiensi harga, ya karena kita praktek menggunakan bahan bekas jadi bisa meminimalisir pengeluaran harga.

Demikian tadi contoh kreatifitas dari bahan bekas untuk pembuatan tangga rumahan, semoga saja bisa menambah wawasan bagi anda,
salam
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+