Alat Pemotong Kaca

Untuk dapat memotong kaca ukuran 3mm sampai 12 mm biasanya akan menggunakan sebuah alat yang besarnya hampir sama dengan sebuah pulpen.

Dulu saya tidak tahu sama sekali bagaimana cara memotong kaca, sampai suatu ketika dapat pengalaman pernah kerja di bagian kaca walaupun hanya jadi kenek saja.

Setidaknya pernah tahu dan mengerti bagaimana cara memotong kaca, walaupun terkadang banyak gagalnya (hahaha).

Nah buat yang masih penasaran dengan bentuk dari alat pemotong kaca ini, lihatlah pada gambar dibawah ini,

Alat Pemotong Kaca

Pada bagian dalam berisi minyak tanah sebagai pelumas pada alat pemotong kaca, jadi menurut teorinya saat memotong kaca dan menekan alat tersebut, minyak juga akan keluar yang berfungsi untuk memudahkan jalur garitan hasil dari goresan alat tersebut.  baca > Cara Memotong Kaca

Pada ujung alat ini terdapat bagian mirip besi, kemungkinan besi baja berbentuk lingkaran tipis.

Berbeda dengan alat pemotong kaca yang terbuat dari batu intan berharga cukup mahal, alat ini berharga cukup terjangkau, pada foto diatas contoh alat ber-Merk Toyo berharga kisaran 250ribuan saja, untuk harga lainnya ada juga lebih murah kisaran 100 ribuan, namun kualitasnya saya gak tahu, belum pernah coba.

Tips Menyimpan Alat Potong Kaca

Berikut ini beberapa tips menyimpan alat pemotong kaca agar lebih awet, 
  • Simpan dalam rendaman minyak tanah
    Biasanya akan lebih mudah sediakan botol bekas minuman dan isi dengan minyak tanah, gak perlu banyak-banyak, setidaknya cukup buat merendam bagian kepala alat tersebut, karena alat ini terbuat dari bahan besi baja yangmana akan menjadi karat jika terbiasa terkena udara langsung
  • Tekan sewajarnya
    Saat memotong kaca, tekanlah sewajarnya saja, jangan terlalu ngotot. Pengalaman dulu punya temen saat pertama kali motong dia tekan secara keras, hasilnya baru separuh potongan kaca sudah terbelah, dan ini akan bahaya.. Jadi tekanlah dengan sewajarnya saja, kalau sudah terdengar suara garitan berarti jalur sudah terbuat.
update: ada tambahan lagi nih, namanya tanggem kaca.
fungsinya untuk membelah kaca ukuran tebal 8mm keatas dan harganya dari informasi yang punya ini alat katanya seharga 2 jutaan..

tanggem-kaca

Demikian tadi review tentang alat pemotong kaca, semoga bisa jadi tips dan pengetahuan bagi anda,
salam
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+