Berbagai Jenis dan Kegunaan Cat

Cat (bukan Kucing dalam bahasa inggris) merupakan jenis material yang berfungsi utamanya adalah sebagai pewarna suatu benda.

Sejarah awalnya berasal dari pewarnaan metode kuno yaitu, semisal mewarnai warna merah dengan dedaunan pohon jati, warna kuning dengan kunyit, warna hijau dengan daun suji dan lain-lain.

Di kemajuan zaman, karena dengan metode kuno tersebut terlalu ribet, muncul-lah penemuan pembuatan pewarna benda dengan metode kimiawi, yaitu pembuatan bahan dasar berdasarkan rumus dan pengetahuan ilmu kimia.

Jenis-jenis Cat

jenis-jenis cat sendiri ada beragam jenis, menurut fungsi dan kegunaannya, berikut ini adalah beberapa jenis cat yang paling sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari ;
  • Cat Minyak
    Cat minyak merupakan jenis cat Paling Banyak ditemui di beberapa tempat, utamanya di toko bangunan atau toko material yang khusus menjual Cat.

    Cat Minyak sendiri ada beberapa jenis, yang paling umum ialah cat minyak dengan campuran Bensin atau Thinner sebagai pengencer. Jenis cat minyak yang dicampur dengan bensin dengan cat yang dicampur dengan thinner berbeda dalam penggunaan.

    Cat yang dicampur dengan bensin sebagai pengencer umumnya dipakai untuk mewarnai besi-besi dan kayu pada umumnya, sedang cat minyak yang dalam aturannya harus menggunakan Thinner sebagai media pengencer biasanya diaplikasikan untuk pewarnaan lebih halus semisal Pengecatan pada body mobil.

    Merk-merk cat ternama di indonesia semisal Avitex, Nippe, Altex, Penta Gloss, Super Gloss dan lainnya dalam kemasan produknya sudah ada penjelasan dengan apa bahan campuran pengencernya, dengan bensin atau thinner.

    Cat Avian
    baca : Warna Cat Kanopi
  • Cat Air
    Cat air seperti namanya, cat jenis ini menggunakan media air sebagai bahan pengencernya. Dan Cat jenis ini paling banyak diaplikasikan pengguaannya untuk

    Pengecatan pada tembok perumahan dan juga sebagai media pewarnaan pada lukisan kebanyakan.

    Pada cat air untuk pewarnaan tembok, lebih dikenal dengan nama Cat Tembok, ukuran kemasan yang ada di indonesia ialah mulai dari ukuran 5 KG dengan merk yang umum ditemui Avian, Dulux, Catylac, Aries dan lain-lain.
    Sedang untuk ukuran cat air untuk media lukis, biasanya dijual per paket.

    Cat Air Untuk Melukis
Nah itulah dua jenis dasar dari cat, hanya cat minyak dan cat air.

Dan perlu diingat dan perlu diketahui bahwa untuk menggunakan pewarna dari cat perlu diketahui dahulu untuk apa cat tersebut digunakan.

Amatlah lucu jika akan mengecat besi menggunakan cat air, mungkin hanya bertahan sehari saja, hahaha.
Lain dari dua jenis cat diatas, masih ada lagi jenis pelengkap pada cat, pelengkap ini dikhususkan untuk cat minyak agar awet warnanya dan tidak cepat memudar.

Nama produk yang satu ini ialah CLEAR (bukan Merk sampo), clear yang berarti bening, adalah jenis material cair yang berfungsi menutupi warna cat agar tidak cepat pudar, fungsi utamanya melapisi warna cat. bisa dibilang ini adalah cat bening.

Penggunaannya, jika anda selesai mengecat katakanlah suatu benda, umumnya digunakan pada papan nama yang terbuat dari besi.

Nah selesai mengecat papan nama tersebut, lapisilah dengan Clear agar makin awet dan tahan sinar matahari. Pada pengecatan mobil atau car body painting kebanyakan selalu menggunakan clear sebagai pelindung warna cat-nya
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+