Pipa Besi Galvanis



Pemilihan besi pipa sebagai bagian untuk penggunaan kebutuhan bangunan tidak boleh luput dari jenis bahan utama pipa tersebut.

Pipa Besi Galvanis adalah jenis Pipa Besi yang terbuat dari bahan utama besi pada umumnya, namun bedanya pada Pipa jenis ini sudah melalui proses Galvanisasi.

Proses Galvanisasi adalah pencampuran dengan zat anti karat yang bertujuan menghambat laju percepatan besi melawan kondisi pengaratan.

Pipa Besi Galvanis

Ciri khas (pada umumnya) di beberapa Toko Besi yang menyediakan Pipa Besi Galvanis ini ada semacam plastik pada ujung dari pipa tersebut.

Jika pipa besi biasa tidak ada plastiknya untuk melindungi ujung pipa, maka Pipa Besi Galvanis ini ada plastiknya, itu ciri khas yang banyak ditemui (lihat gambar diatas). 

Aplikasi Pipa Besi Galvanis

Aplikasi penggunaan pipa besi galvanis sangat beragam, mulai banyak ditemui penggunaanya untuk Dastang pada tiang Listrik PLN di atas genteng Rumah, sampai penggunaan untuk tiang Antena, baik itu tiang antena televisi, radio maupun yang lainnya.

Teman saya bahkan menggunakan Pipa Besi Galvanis ini untuk tiang antena internetnya. Alasanya sederhana, lebih awet dan kuat daripada tiang tradisional yang terbuat dari bambu.

Antena Pipa Besi Galvanis

Untuk ukuran dari Pipa Besi Galvanis ini beragam. dari yang terkecil adalah ukuran diameter 1 inchi dengan Panjang Pipa 6 meter. 

Pemilihannya adalah sesuai dengan keinginan Anda. Untuk tiang antena ukuran 1 inchi sudah termasuk ukuran standar, namun juga perlu diperhatikan ialah beban yang disandarkan pada tiang tersebut janganlah melebihi kapasitas, sebagai acuan-nya lihatlah saat dipasang beban, apakah sebelum dinaikkan sudah melengkung, jika melengkung sebaiknya kurangi untuk menghindari patah maupun bengkok dikarenakan Angin di kemudian hari. 

Untuk tiang yang tingginya melebihi 6 meter, anda harus menambahkan kawat sebagai tarikan untuk mengurangi tekanan dari arah angin. umumnya terdiri dari tiga kawat yang dipasang dengan ketinggian 3/10 dari total tingginya.

Selain untuk Tiang Antena, penggunaan Pipa Besi Galvanis juga bisa untuk Pagar Besi. 

Seperti yang kita ketahui bahwa Pagar Besi untuk Luar Ruangan akan menghadapi cuaca panas dan dingin, dimana cuaca ini lah faktor utama dalam proses pengaratan.

Balkon Pagar Besi

Pada gambar diatas adalah contoh penggunaan Pipa Besi Galvanis sebagai isi untuk sebuah Balkon Minimalis yang dipasang di sebuah Hotel di Gombong. 

Untuk rangkanya menggunakan Besi Hollow 4x4 dengan isi Pipa besi Galvanis ukuran 1 inchi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+