Door Closer Penutup Pintu Otomatis

Di beberapa Perkantoran sering ditemui adanya sebuah pintu yang bisa menutup dengan sendirinya setelah dibuka oleh beberapa orang yang melewatinya, sebenarnya Pintu tersebut sama dengan berbagai Pintu lainnya.

Hanya saja ada tambahan aksesoris tambahan di Pintu tersebut yaitu Door Closer atau yang lebih dikenal sebagai alat untuk menutup Pintu secara Otomatis, bentuk fisiknya seperti ini,

Door Closer


Door Closer ini sering diaplikasikan pada beragam jenis pintu, baik itu yang terbuat dari Kayu, maupun Pintu dari bahan Aluminium. umumnya diaplikasikan untuk jenis Pintu Perkantoran, namun kini tidak jarang pula Perumahan Pribadi yang mengaplikasikannya. 

Jika umumnya ditemui untuk Pintu Swing Aluminium, untuk Rumah kebanyakan yang masih menggunakan Pintu Kayu-pun bisa memakai Door Closer ini sebagai sarana agar Pintu bisa menutup secara otomatis. 

Seperti contoh pada gambar dibawah ini,

Cara Memasang Door Closer

Untuk cara pemasangan door closer anda mesti mengetahui posisi arah membuka-nya pintu tersebut, apakah membuka kearah kiri atau ke arah kanan. 

Jika pada gambar diatas adalah untuk contoh Pintu yang membuka kearah kanan, kini anda bisa melihat contoh untuk cara pemasangan Door Closer pada pintu yang membuka  kearah kiri seperti dibawaah ini,

Door Closer Pintu Kayu

Adapun Cara Memasang Door Closer tersebut tidaklah terlalu sulit, anda bisa melihat brosur panduan pemasangan yang ada dalam box Door Closer saat Pembelian-nya. 

Pada alat yang dinamakan Door Closer tersebut ada pengaturan untuk setelan menutup dengan cepat maupun menutup dengan lambat, yang bisa disetel sesuai keinginan Anda. 

Dan yang juga perlu diperhatikan juga adalah jika Door Closer ini akan dipasang untuk Pintu Kayu, sebaiknya dipasang pada Pintu yang memiliki Slot kunci jenis Roller, seperti contoh pada gambar dibawah ini,

Slot Kunci Silinder

Tapi, Kalaupun tidak memakai slot jenis silinder tesebut juga tidak masalah.

Harga Door Closer

Harga Door Closer atau penutup pintu otomatis ini beragam, bergantung merk-nya. Di Indonesia yang sering ditemui adalah merk Dekson, Dorma, dan lain-lain.

Di beberapa toko material (Prefer Toko Aluminium) sudah menyediakan aksesoris pintu ini.
Untuk harga yang paling murah dengan kualitas standar adalah merk Dekson

Dekson Door Closer

Untuk Harganya di Kota Purwokerto (update April 2015) adalah sekitar 120ribuan per set. 
Di tempat lain harga bisa saja lebih murah ataupun bisa lebih mahal.

Berminat mengaplikasikan Door Closer untuk pintu rumah anda, silahkan beli dan datangi toko material yang menyediakan aksesoris ini. Dan cobalah untuk memasangnya sendiri. Mudah bila memahami.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

shyny