Mudah dan Murahnya Internetan Dengan Jaringan WiFi

Saat ini dengan semakin berkembangnya zaman, kebutuhan akan internet terus menerus berkembang.,  Dan belakangan ini Akses internet menggunakan  WiFi mulai berkembang, Lihatlah dibeberapa toko ponsel maupun gadget lainnya dipastikan memiliki fitur yang disebut Wireless Fidelity ini.
Dahulu sebelum mengenal WiFi, kebanyakan pengguna memakai jaringan DiaL Up Line Telepon, maupun jaringan akses secepat Keong Racun (WAP GPRS). Masih ingatkah Anda pertama kali mengakses internet menggunakan jaringan yang minta ampun membuat cepat ngantuk. Setelah adanya teknologi WiFi, banyak orang mulai beralih menggunakan jaringan ini, selain setting aksesnya yang bisa dibilang cukup mudah, juga dengan kelebihannya yang tidak perlu memikirkan masa aktif seperti modem kartu pada umumnya.  Untuk pengguna PC Desktop/Netbook pada umumnya jika belum ada fitur WiFi, bisa menggunakan WiFi Card atau biasa pula disebut WiFi USB. Harganya-pun terjangkau kisaran Rp 70ribuan saja (pengalaman penulis 2014).  Banyak Toko Komputer  yang menjual perangkat satu ini.

TP Link WN727N


Lain lagi zaman sekarang, hampir setiap hari ada produk baru tentang Gadget, entah itu Smartphone maupun Tablet dipastikan memiliki fitur Wifi ini, dimana juga memudahkan jika ingin mengakses internet,  tinggal aktifkan fiturnya > cari SSID yang tersedia > Connect deh.
Nah jika anda ingin memiliki pemancar WiFi sendiri dirumah bisa kok.  Jadi nanti Anda bisa mempunyai seperangkat Alat yang disebut Acces Point (bukan seperti gambar diatas) , dimana alat tersebut yang akan memancarkan sinyal jaringan WiFi untuk anda akses lewat gadget Smartphone yang Anda miliki, bisa diakses saat tiduran maupun saat anda berada dikamar mandi.
Caranya bagaimana?
Kalau Anda bertempat tinggal di Purwokerto tinggal hubungi teman saya satu ini, namanya Mas Arif Santoso. Dia ini berpengalaman menangani jaringan WiFi untuk Rumah maupun untuk Perkantoran, banyak Kliennya dari pribadi maupun korporasi yang sudah berlangganan dengannya, Artikel tentang WiFi-nya pernah saya tulis  WiFi Purwokerto : Solusi Internetmu  
WiFi ini sekarang menjadi salah satu akses internet  wajib buat  seorang pembelajar seperti saya ini, setiap pulang dari rutinitas sehari-hari saya menyempatkan diri untuk sekedar browsing-browsing cari pengetahuan diluaran sana. Dan WiFi-Lah jaringan yang saya pakai selama ini.

Kecepatan Jaringan WiFi

Banyak juga yang belum mengerti tentang berapa sih kecepatan yang bisa didapat jika mengakses internet lewat jaringan WiFi?
Apakah sama seperti saat mengakses lewat provider kartu GSM atau bahkan malah lebih buruk dari itu?
Jawabannya adalah Relatif Mas/Mba, Bapak/Ibu. Semua bergantung dari spesifikasinya, dan beberapa point yang mempengaruhi adalah seperti ;   Alat Aksesnya  (PC, Smartphone, Tablet dll), Perangakat WiFi-nya, Juga Tarif Paketnya.

Usaha


Jadi begini maksudnya kira-kira seperti ini, misal menggunakan Smartphone Android Standart, kebanyakan spesifikasi Android WiFi Up To 14,4Mbps (saat artikel ditulis), dalam kenyataan seharusnya bisa mendownload file dengan kecepatan 1,8 Mega Byte per detik atau 2 detik untuk mengunduh sebuah lagu ukuran normal. Itu adalah “Up To” atau kecepatan yang bisa atau maksimal yang dapat dilakukan perangkat tersebut, kenyataanya kadang download satu lagu saja sampai semenit??
Jadi mana yang benar?
Tidak ada yang salah sebenarnya, hanya faktor Paket saja yang diambil, kalau paket murah sudah tentu sebanding dengan yang didapat. Sesuai hukum Ekonomi lah Pak/Bu. Seperti contoh disini saya menggunakan paket standarnya Mas Arif, tarifnya perbulan cukup murah dan terjangkau 50ribu atau sama dengan paket bulanan BlackBerry Unlimited pada umumnya ya.  Paket standar ini jika dihitung kecepatannya 50 Kilo Byte per detik, cukup cepat untuk mengakses Sosial Media seperti Facebook, jika menggunakan paket yang lebih tinggi ada lagi kok, tentu harganya beda. Saya pernah juga memakai paket Booster, sampai 500 Kilo Byte per detik, cukup cepat untuk membuka video di Youtube. Saya menggunakan TPLink WN 727N dimana spesifikasi Pabrikannya Up To 150Mbps/18,75MBps (sama seperti Enam Lagu dalam sedetik download).
Nah bisa sedikit paham kan? contoh dibawah ini saat saya menggunakan booster jaringan WiFi Purwokerto miliknya mas Arif, download Video 161 Mega Byte nunggu cuma selama 5 menit.

Kecepatan WiFi

Jadi alatnya hanya sebagai sarana saja, yang berpengaruh ya sudah pasti paketannya donk. Seperti sebuah Motor Balap, ia akan jalan sesuai dengan kemampuan pengendaranya, jika pengendaranya Ibu-ibu yang takut akan kecepatan ya mubazirlah fitur "Balap"-nya.
Kalau hanya sekedar diakses lewat BB/Smartphone Android, kecepatan  paket standarnya mas Arif cukup cepat loh, memang berapa banyak data sih yang dibutuhkan sebuah perangkat mobile untuk mendownload sebuah halaman situs?

Jadi masihkah bertahan dengan Provider Kartu GSM?
Jangan langsung memilih WiFi ya, pahami dan pelajari dulu sebelum menggunakannya, sebelum menjadi bingung dan tambah LingLung langsung saja hubungi mas Arif di nomer 085729996898, dan tanyakan hal yang dirasa masih bingung.
Selamat menggunakan jaringan WiFi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+