Gypsum : Mineral Alam Serbaguna

Gypsum

Gypsum adalah mineral Alami yang dikenal sebagai "kalsium sulfat dihidrat," gypsum mengandung kalsium, sulfur terikat oksigen, dan air.

Gypsum merupakan mineral yang berlimpah dan telah dipakai sejak zaman Mesir kuno.

Monumen Nasional White Sands di New Mexico adalah monumen yang terbuat dari gypsum dan merupakan yang terbesar didunia.

Mineral material yang tidak beracun ini dapat bermanfaat untuk manusia, hewan, tanaman hidup, dan lingkungan.

Sebagian besar gipsum diproduksi di Amerika Utara yang digunakan untuk memproduksi berbagai papan gipsum atau bangunan plester, gipsum juga digunakan dalam banyak aplikasi bangunan lainnya seperti Plafond, Partisi dll..

Dua Jenis Gypsum: Alam dan Buatan
Gypsum alami, terjadi pada formasi batuan sedimen, dan ditemukan di lebih dari 85 negara. Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko memiliki beberapa cadangan gypsum terbesar berkualitas tinggi.

Gypsum ditambang di 17 negara. Iowa, Texas, Utah, dan New Mexico adalah produsen gypsum paling produktif.

Gypsum Alam
Dalam 50 KiloGram Batu Gypsum mengandung sekitar 10 kilogram (atau 10 liter) air dan kimia lain. Batu Gypsum ditambang atau digali, dihancurkan dan kemudian digiling menjadi bubuk halus. 

Dalam proses yang disebut kalsinasi, bubuk gypsum dipanaskan sekitar 180 derajat Celcius, mengurangi sekitar tiga perempat dari kandungan air dan kimia lain. 

Gipsum yang telah melalui proses dikalsinasi, atau hemihydrate, menjadi dasar untuk gipsum plester, papan gipsum dan produk gipsum lainnya.


Papan Gypsum


Gypsum Buatan

 gipsum buatan  telah digunakan untuk memproduksi papan gipsum selama lebih dari 30 tahun..

Hari ini, hampir setengah dari semua gipsum yang  digunakan di Dunia adalah Gypsum Sintetis.

Gipsum alami dan gipsum buatan  memiliki komposisi kimia yang sama,  mengandung  kalsium sulfat dihidrat (CaSO4 · 2H2O). 

Beberapa jenis gipsum sintetis  umumnya  digunakan dalam papan gypsum karena efisiensi material dan mudahnya aplikasi pada bangunan.

Aplikasi Gypsum sering ditemui umumnya digunakan pada Bangunan Interior seperti Plafond, Partisi, Sekat Ruangan.

Papan Gypsum


Anda mencari jasa Gypsum seperti pemasangan Plafond,Partisi dll dan sedang berada di area Purwokerto, Banyumas,Cilacap, Purbalingga dan sekitarnya,  hubungi saja Kami > Ahli Gypsum
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+